Sabtu, 04 Mei 2013

Astra Honda Motor Best Student 2012 Provinsi Riau

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Selamat pagi semua, hari ini Tembilahan menunjukkan 26 derajat Celcius, dan matahari bersinar terang, sungguh cerah sekali, adapun kegiatan aku hari ini adalah belajar untuk menghadapi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang pendaftarannya akan dimulai dari tanggal 13 mei nanti. Tapi bukan itu yang akan aku bahas hari ini. Karena, hari ini aku akan bercerita tentang salah satu lomba yang saya ikuti, yaitu Astra Honda Motor Best Student pada tahun 2012 silam.

Ceritanya seperti ini, saat itu bulan akhir Juni 2012, tiba-tiba akudipanggil keruangan wakil SMAN 1 Tembilahan Hulu, bersama temanku, yang sekaligus saat itu menjabat sebagai Ketua Osis SMAN 1 Tembilahan Hulu, Widyawati (biasa kami memanggilnya bcex), dan ternyata disana telah menunggu salah satu guru fisika saya, yaitu Pak Seprian, dan satu lagi seorang pemuda yang lalu aku sadari bahwa dia adalah utusan dari CV. Honda Mas Tembilahan, kemudian kepadaku diberikannya sebuah brosur, Lalu aku melihat brosur itu dan brosur itu menyatakan bahwa akan diadakan lomba karya tulis dalam acara Astra Honda Motor Best Student 2012. Saya otomatis girang, ingin sekali mengikutinya, dengan berbekal pengetahuan tentang karya tulis, karena sebelumnya Saya telah mengikuti Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) Tahun 2009, setelah meneliti persyaratan pendaftran tersebut, baru tersadar bahwa yang dapat mengikuti lomba ini adalah siswa kelas X, sedangkan aku saat itu telah berada di kelas XI, kecewa sekali, namun akupun memaksa bahwa umurku saat itu masih setara dengan siswa kelas 1, dan setelah di konfirmasikan, ternyata aku bisa ikut, lalu kutanyakan kembali, kapan karya tulis ini akan diantar? jawabnya 3 hari lagi ! ini hampir mustahil, penelitian itu membutuhkan waktu berminggu-minggu. "Ok tidak apa, kamu bisa Aldy" Pikirku.

Setelah hitungan menit keluar dari ruang wakil, aku langsung membawa diriku menuju Bu Las, salah satu guru  Bahasa Indonesia, Bu Las ini sangat mengerti tentang seluk beluk karya tulis, nah setelah aku menghadap, Bu Las memberikan karya tulis AHMBS tahun lalu, ia menyuruhku untuk mempelajari karya tulis tersebut. Sebenarnya saat itu kami tengah persiapan untuk berangkat Ajang Prestasi Remaja, yang mungkin akan kuceritakan dilain waktu. Jadi aku minta izin kepada guru pembina lomba APR karena aku harus mengikuti lomba ini, dan alhamdulillah aku mendapat izin.

Lalu sore harinya akupun telah mencari bahan-bahan yang terkait dengan judul penelitian aku kali ini "Penggunaan Motor Honda PGM-FI Untuk Mengurangi Polusi Udara" yah, kira-kira seperti itu. Dan Alhamdulillah, untuk materinya telah selesai saat itu juga, menjelang maghrib, langsung kulajukan diriku menuju Masjid Agung, ingat sholat tidak boleh tinggal dalam merangkai mimpi, catet ! 

Keesokan harinya aku menghadapkan karya tulisku ke  Bu las, dan alhamdulillah, banyak yang harus direvisi, oke dan alhamdulillah rampung, setelah dicantumkan beberapa data penjualan honda, dan keesokan harinya aku langsung melakukan observasi ke bengkel resmi Honda, dan mewancarai kepala mekanik disana, Bang Togar, semoga kalau Bang Togar baca artikel ini, saya ingin mengucapkan terimakasih banyak.

Dan setelah dilakukannya penyeleksian karya tulis, alhamdulillah, aku masuk kedalam penulis 7 karya tulis terbaik seprovinsi Riau, ini sangat benar-benar menyenangkan, dan akhirnya akupun berangkat menuju Pekanbaru, dan setelah sesampai disana aku menginap di Hotel Sabrina, sendirian sesampai disana hehe, dan keesokan harinya kami langsung lomba, kami di kurung dalam satu ruangan, jadi untuk yang urutan selanjutnya tidak bisa melihat bagaimana penampilan sebelumnya, namun kami yang telah tampil dapat melihat peserta setelahnya, untung aku bukan undian satu, jujur aku belum siap.

Dan setelah menunggu beberapa saat, gugup sekali, dan ternyata yang selanjutnya tampil adalah Aku, benar-benar yang "Waduh, Gawat pake banget ini". Lalu aku maju kesana, dan didepanku telah ada 5 ahli dibidang ini, mereka benar-benar orang yang berkualitas, ada yang berprofesi sebagai dosen, orang yang berkiprah di Lingkungan, dalam bidang safety riding, dan lain sebagainya.

Dan dengan cara bicara yang meyakinkan aku mempresentasikan hasil karya tulisku tanpa teks, tanpa ppt, benar-benar hapalan tok. Dan ditanya juga harus dijawab tanpa teks, dan dari seluruh peserta, akulah yang paling lama, ini dikarenakan banyaknya pertanyaan yang timbul dari penanya. Ya, selesai. Sorenya tepat jam 17.00 hari itu juga, pengumuman akan diadakan. 

Dan nama dari yang terbawah mulai diperlihatkan, bukan aku, hufft, yang ke-6 juga bukan aku, hal itu terus terjadi, hingga yang ke-3, dan aku berada ditingkat 2. Senang sekali, akhirnya untuk pertama kali aku bisa mewakili Riau ke pentas Nasional.

Mungkin ini dulu yang aku ceritakan, nantikan kisah selanjutnya, aku akan menceritakan AHMBS Nasional

Beritanya dapat dilihat di : http://riauterkini.com/oneheart.php?arr=48606

Tidak ada komentar:

Posting Komentar